Kamakura

Kamakura

img_0055

 

Gara-gara mengikuti salah satu Summer Dorama, Suki Na Hito Ga Iru Koto, jadi ingat Kamakura, hehe..

Kamakura ini terletak di Prefecture Kanagawa, merupakan kota yang terletak di pinggir pantai. Sepanjang Area Shonan memang area-area berpantai, dapat ditempuh kira-kira 30 menit dari Tokyo menuju ke arah Selatan menggunakan kereta.
Mungkin turis Indonesia, jarang tertarik dengan wisata pantai di Jepang apalagi di sekitar Kanto. Jujur sebagai anak pantai negara tropis, jalan-jalan ke arah Shonan buat saya juga bukan semata-semata ingin menikmati pantainya. Banyak spot-spot lain yang bisa di explore.
Jalan-jalan di Kamakura ini memang enak dilakukan saat musim panas, bingung juga ya kalau dingin-dingin ngapain main di sekitar pantai, hihi…
Kamakura buat muda-mudi Tokyo dan sekitarnya, dikenal sebagai salah satu jalur romantis, banyak mereka yang memilih pergi deto (date) ke Kamakura, saya dan pasangan saya *di kala muda* juga termasuk muda-mudi yang beberapa kali pergi ke Kamakura buat nge-date.
Kamakura memiliki dua pantai yang hits di kala summer, ramenya tumplek blek macam cendol, pantainya berpasir hitam, mirip-mirip Ancol jaman dulu, menangnya ini bersih aja sekitar pantai. Dua pantai ini adalah Yuigahama dan Zaimokuza. Apakah saya pernah main di pantai-pantai ini? Tentu saja pernah, tapi ngga pernah pas summer banget.
Buat yang jalan-jalan sekitar Tokyo dan ngga berminat main ke pantai, Kamakura ini tetap bisa dijadikan alternatif kok. Buat yang suka ngafe-ngafe lucu, atau mau lihat shrines, mau foto-foto yang ngga Tokyo banget, atau suka main ke aquarium. Cocok pergi ke Kamakura.
Ada patung Buddha yang gede banget itu (Great Buddha) menuju ke Great Buddha bisa dinikmati dengan berjalan kaki menikmati warung-warung jajanan dan cafe-cafe kecil,  atau ke Hasedera Temple yang tamannya bagus saat autumn, atau ke Hokokuji Temple yang punya hutan bamboo kecil (miniatur nya Arashiyama Kyoto kalau ngga sempat menyambangi Kyoto). Bisa juga ke Hachimangu Shrine, sepanjang jalan dari arah pantai menuju shrine ini banyak toko-toko jajanan lucu. Selain spot-spot yang disebutkan di atas, masih banyak spot temple di Kamakura ini, yang menurut pengalaman kami ketika menjadi guide Indonesia di Jepang selama ini, agak jarang tamu-tamu yang into temples banget, satu-dua cukuplah. Tapi mungkin ada yang suka temples, beberapa temple di Kamakura ini bisa jadi referensi apabila memang pas jalan-jalan ke Kamakura. Ada Engakuji, Kenchoji, Ankokuronji, Meigetsuin, Zuisenji, Jomyoji, Jochici, Tokeiji, Jufukuji, Myohonji.
Ada Zeniarai Benten juga, yang merupakan salah satu shrine yang terkenal di Kamakura Barat, orang Jepang senang ke shrine ini untuk mencuci uangnya. Mencuci uang dalam arti kata sebenarnya. Uang yang dicuci di shrine ini akan menjadi double banyaknya, begitu kepercayaan mereka.
Dan tentu saja ke Kamakura harus ke Enoshima yang terletak di arah barat Kamakura. Enoshima ini spot paling romantis menurut saya *kayanya belum move on dari Kanata dan Misaki ya Mbaknya, hihi* Di Enoshima ada aquarium Enoshima yang terkenal itu, terletak di Sagami Bay, ada pertunjukkan lumba-lumba, pinguin dan anjing laut. Traveling dengan anak-anak sekitar Tokyo, tentu saja Enoshima Aqaurium ini bisa jadi alternatif. Di Enoshima selain aquarium, juga banyak spot yang bisa diexplore, ada Enoshima Shrine, Samuel Cooking Garden, Enoshima Sea Candle, Iwaya Caves, Enoshima Daishi, Spa, Love bell, Ryukoji Temple, Southern Cost dan pantainya yang terkenal di kalangan Japanese Surver.
Seru kan Kamakura dan Enoshima ini? Hehe…
Kamakura ini tidak jauh dari Tokyo, seperti yang sudah disebutkan di atas, sekitar 30 menit an deh. Saran kami untuk side trip dari Tokyo dalam satu hari, bisa dibeli Kamakura Enoshima Pass. Pass ini berlaku satu hari mengcover Enoden line dari Fujisawa sampai Kamakura (dan sebaliknya), Shonan Monorail dari Ofuna sampai Enoshima (dan sebaliknya), JR Line sepanjang Kamakura, Ofuna dan Fujisawa. Kamakura Enoshima Pass ini bisa dibeli di mesin tiket atau JR office di stasiun Ofuna, Fujisawa, Kamakura dan Kita Kamakura. Kekurangan pass ini tidak dapat dibeli dari Tokyo, jadi dari Tokyo harus menuju Fujisawa dulu baru bisa beli pass ini. Harga pass ini 700 yen.
Alternatif lain adalah Enoshima Kamakura Free Pass yang dikeluarkan Odakyu railways seharga 1,470 yen. Harganya agak lebih mahal tapi bisa dipakai dari mulai di Shinjuku (dalam Tokyo). Bisa digunakan dalam satu hari mulai dari Shinjuku sampai Fujisawa dan sebaliknya, Enoden line Fujisawa ke Kamakura dan sebaliknya, atau Odakyu line Fujisawa ke Enoshima atau sebaliknya. Kekurangan pass ini juga adalah waktu yang digunakan akan lebih lama untuk tiba di Kamakura dan Enoshima.
Untuk pemilihan pass tentu saja kembali ke kebutuhan masing-masing orang yaa..
Terkadang nonton dorama, anime, baca manga atau baca novel berbagai cerita fiksi lain bisa jadi sarana yang bagus buat memperkenalkan budaya, sejarah, ilmu pengetahuan dan tempat. Tentu saja sering jadi motivasi saya pribadi untuk mengunjungi suatu tempat. Setelah beberapa tahun ngga pergi ke Kamakura, dua minggu lalu *masih korban Kanata dan Misaki* saya menggeret-geret suami saya jalan-jalan sore di Kamakura, seruuuu deh bener udah enak juga suasananya karena udah bulan September. Ngga serunya ngga bisa romatis malam-malam nonton hanabi di pinggir pantai seperti Kanata dan Misaki, karena musim panasnya udah kelar, dan musim hanabi atau kembang api juga udah pasti kelar.
Dan kemarin selesai nonton Kimi No Na Wa, tiba-tiba suami saya jadi penasaran sama Hida, juara emang Shinkai Makoto bisa membuat orang yang ngga gitu sering penasaran sama suatu tempat di Jepang, jadi tergerak pengen ke sana, hahaha….
Okay, selamat menikmati Kamakura yaa, selain cafe-cafe lucu buat ngopi dan ngemil, jangan sampai terlewat jajan, shirasu don atau nasi di-topping-in teri segar mentah. Recommended!

About the Author:

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.