Jepang dan Sekelumit Cerita Halal

//Jepang dan Sekelumit Cerita Halal

Jepang dan Sekelumit Cerita Halal

Saat ini, makanan halal ceritanya sungguh berbeda dengan Jepang kira-kira 15 tahun yang lalu. Mau cari restoran halal? Paling cuma ada di tempat-tempat tertentu misal dekat mesjid atau musholla dan itupun di kota-kota besar seperti Tokyo, Osaka dan Kobe. Mau makan ayam dan daging yang bukan kebab? Sudah pasti harus masak di rumah.
Alhamdulillah, menjelang Olimpiade di Tokyo tahun 2020, isu halal ini semakin hangat dan bisnisnya pun berkembang cukup baik. Zaman dulu, hanya mimpi rasanya ingin mencicipi makanan seperti ramen, gyouza, yakiniku dan shabu-shabu di restoran atau membeli roti isi daging di toko roti. Sekarang, semua cukup mudah dicari terutama di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh turis, hotel, dan juga airport.
Masyarakat Jepang sendiri sepertinya belum terlalu peduli dengan makanan halal, walaupun sudah cukup sering dibahas di televisi. Memang isu halal ini masih hanya menjadi perhatian pelaku bisnis makanan saja. Sebagai contoh, di sekolah-sekolah tingkat dasar, menengah dan atas, menunya masih belum menyediakan makanan halal untuk makan siang anak-anak muslim. Akan tetapi, menu halal sudah mulai tersedia di beberapa kantin universitas. Alhamdulillah, kemudahan ini cukup mengakomodasi mahasiswa-mahasiswa asing muslim mengingat harga makanan di kantin sudah tentu jauh lebih murah daripada di restoran :)
Isu halal ini juga sangat menjadi perhatian kami, karena memang tidak mudah mendapatkan makanan halal di Jepang. Apalagi yang benar-benar memenuhi standar halalan toyibban, sungguh sulit. Sebagian dari kita berpikir bahwa tidak mungkin rasanya roti coklat atau roti manis itu haram, tapi menjadi mungkin ketika kita bertanya lebih jauh kepada pembuatnya mengenai bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya (misal: margarine, shortening, minyak, atau gelatine, termasuk pengoles dan tempat memanggangnya).
Saat menemani turis, tidak serta merta kami dapat menjawab setiap pertanyaan kehalalan suatu makanan atau restoran apabila tidak tercantum jelas sertifikat atau logo halalnya karena akan menjadi tanggung jawab kami apa yang dikonsumsi dan mungkin dibawa menjadi buah tangan oleh turis-turis tersebut. Biasanya berbekal pengetahuan dari media atau bahkan kami tanyakan kepada produsennya, kami baru bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
“Kitkat halal ngga sih?”
“Tokyo Banana haram ya katanya?”
“Yoshinoya halal ngga sih?”
Ternyata banyak orang memang mengincar wisata kuliner di Jepang! 😀
Untuk turis-turis yang sangat peduli halal haram, biasanya kami akan mencoba mencarikan informasi selengkapnya, sehingga kami dapat memberikan info yang dapat dipertanggungjawabkan, Inshaa Allah.
Biasanya pula, beberapa guide kami membawa turis yang menjadi tamu-tamu kami untuk makan ke restoran-restoran yang memang sudah masuk dalam list restoran halal, atau beberapa restoran yang biasa dikunjungi teman-teman Muslim yang tinggal di Jepang, walaupun jaminannya belum 100% halal tapi ada beberapa menu yang sudah pernah digali informasinya bahwa makanan tersebut aman di makan, atau sebelum makan guide kami akan bertanya secara lengkap terlebih dahulu, terdengar repot memang, karena tidak setiap tempat yang dikunjungi ada restoran halalnya, tapi demi tanggung jawab dan kenyamanan Inshaa Allah kami siap melakukannya :)
Untuk jajanan dan cemilan, beberapa tempat juga menjual yang memang benar-benar halal, jadi tidak perlu untuk menelpon pabriknya dan bertanya tentang  hal-hal yang kerap kami lakukan dalam kehidupan sehari-hari,
“Bahan dasar margarine-nya apa?”
“Shortening nya dari apa?”
“Soyu nya mengandung alkohol?”
“Wah kalau gelatine pasti haram ya?”
Dan lain sebagainya :)
Jadi, jangan khawatir untuk berjalan-jalan di Jepang saat ini, Inshaa Allah makanan halal semakin mudah didapat. Silakan membuka http://www.halalmedia.jp/ untuk informasi update mengenai makanan-makanan halal, Halalmedia ini juga ada aplikasinya di smartphone. Toraberu Japan siap mengantar dan merekomendasikan ke restoran-restoran halal di Jepang. Kami juga menyediakan bento halal, enak, dan ekonomis untuk para turis yang membutuhkan servis bento halal Toraberu Japan.
Enjoy Jepang ya!
IMG_3652
Saat ini banyak tersedia restoran halal di Asakusa, yang merupakan salah satu tujuan wisata mandatory di Tokyo
pic source is from here
[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]
By |2018-08-24T14:20:46+00:00February 8th, 2016|Categories: Uncategorized|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.